• Melayani Dengan Setulus Hati

Drill Emergency Ketrampilan Kasus-Kasus PONED di UPTD Puskesmas Serayularangan

26 Agustus 2022

Puskesmas PONED adalah puskesmas rawat inap yang memiliki kemampuan serta fasilitas PONED siap 24 jam untuk memberikan pelayanan terhadap ibu hamil, bersalin dan nifas serta kegawatdaruratan bayi baru lahir dengan komplikasi baik yang datang sendiri atau atas rujukan kader di masyarakat, Bidan di Desa, Puskesmas dan melakukan rujukan ke RS/RS PONEK pada kasus yang tidak mampu ditangani.

UPTD Puskesmas Serayularangan telah melakukan peningkatan kapasitas tenaga Kesehatan khususnya untuk Bidan PONED, Bidan Desa dan Bidan Puskesmas Serayularangan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan dan updating keilmuan mengenai tata cara penangan pasien Preeklamisa Berat, penanganan Bayi Afiksia dan penanganan kasus Atonia Uteri pada ibu yang telah melahirkan. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilakukan UPTD Puskesmas Serayularangan dalam peningkatan kapasitas Bidan di Puskesmas.

Pelatihan tersebut terdiri dari :

  1. Drill Emergency pemberian MgSO4 pada PEB / Eklamsia

2. Drill Emergency Afeksia pada bayi baru lahir

3. Drill Emergency Atonia Uteri pada ibu baru melahirkan

Kegiatan Drill Emergency ketrampilan kasus-kasus PONED di UPTD Puskesmas Serayularangan selain merupakan kegiatan rutin yang di lakukan, kegiatan ini juga mendapat pendampingan dan bimbingan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga minimal 1 tahun sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *